Header Ads

Breaking News
recent

Dimana Nasionalisme-mu Wahai MNC..???

[caption id="attachment_434" align="alignleft" width="300" caption="Beginilah tampilan MNC TV saat stasiu tv ini menyiarkan Piala Sudirman lalu."][/caption]

Ajang Piala Sudirman sudah usai. Terlepas dari gagalnya pemain Indonesia membawa pulang tropi kejuaraan internasional itu, disisi lain menyisakan sebuah cerita memilukan bagi pencinta olahraga bulutangkis di Indonesia, khususnya yang tinggal di area blank spot, dimana tidak bisa menonton televisi lewat teresterial, hanya mengandalkan parabola.

Untuk kesekian kalinya, pihak MNC, kali ini lewat MNC TV (eks TPI), meng-scramble (mengacak) tayangan olahraga yang satu-satunya bisa dibanggakan dari republik ini. Kami yang hanya bisa menonton televisi lewat satelit (parabola) lagi-lagi menjadi korban oleh mereka yang hidup dengan nuansa kapitalisme.

Bukan kali ini saja, sebelumnya juga terjadi saat Piala Dunia 2006 dan 2010 serta Liga Inggris. Untuk Piala Dunia dan Liga Inggris, OK-lah itu bukan masalah lantaran gengsi dan harga hak siar yang tinggi, wajar saja mereka berusaha mencari untung dengan ‘memeras keringat’ kami. Ditambah lagi, penyiaran Piala Dunia sudah memiliki ketentuan dari FIFA yang melarang pihak televisi menayangkannya via satelit.

Namun, bisa anda bayangkan untuk menyaksikan Piala Dunia di tahun 2006, penerima saluran televisi lewat parabola mesti membeli Digital Satellite Receiver (DSR) bermerk Matrix Soccer yang harga awalnya dilepas di kisaran Rp. 1,5 juta, merangkak naik sampai Rp. 2 juta. Umur DSR ini pun tak lama, hanya 30 hari pertandingan Piala Dunia. Selanjutnya, akan kembali ke harga DSR murmer (murah meriah). Bahkan, ada seorang teman yang menjualnya hanya dengan harga Rp. 50.000,-

Ironisnya, pada tahun 2010 dimana hak siar Piala Dunia kembali dipegang MNC yang ditayangkan RCTI dan Global TV, DSR itu tak bisa digunakan lagi. Kali ini, mereka, menawarkan produk baru, yaitu Matrix Bola. Harganya sama, kualitasnya pun sama. Hanya berumur 30 hari.

Sementara, untuk Liga Inggris, MNC mewajibkan kami harus ikut berlangganan dengan pay tv miliknya, seperti Indovision, TOP TV dan Oke Vision. Sampai dalam batas ini, bisalah hal ini kita katakan wajar karena MNC tentu membayar mahal untuk tayangan yang sangat-sangat bergengsi itu.

Nah, yang sangat disesalkan adalah saat MNC TV memegang hak siar Piala Sudirman 2011 lalu. Kok bisa-bisanya MNC melakukan ini. Apakah di pucuk pimpinan perusahaan ini tidak tersisa sedikit pun rasa nasionalisme? Haruskah semuanya dinilai dengan keuntungan materi belaka?
Mengapa stasiun tv Thailand seperti TV7 dan TV3 bisa menayangkan Piala Dunia 2006 secara Free To Air (FTA)? Kenapa VTV Vietnam dan CCTV China mampu menyiarkan Piala Dunia 2010 secara gratis lewat satelit kepada masyarakatnya?

Mengapa pula CTN Kamboja, Saba TV Afghanistan, ZNBC Zambia bisa memberi tontonan Liga Inggris secara cuma-cuma kepada rakyatnya?

Di channel lokal, kok bisa tvOne dengan La Liga-nya dan Indosiar dengan Serie A-nya menyiarkan secara FTA kepada masyarakat seperti kami yang tinggal di pelosok negeri ini?

Sebenarnya, sungguh sudah sangat banyak caci maki dan sumpah serapah yang dilontarkan ke MNC, terlebih-lebih saat Piala Sudirman lalu digelar. Bahkan, seorang teman sudah menghapus MNC TV dari list channel DSR-nya.

Tapi, sepertinya MNC memang tidak tahu, atau memang tidak mau tahu. Sama dengan tulisan ini, karena hanya akan dianggap angin lalu. Saya kasihan kepada rekan-rekan dan tetangga yang tidak bisa menyaksikan juga tidak punya waktu untuk menguasai dan mempelajari parabola yang dimilikinya. Coba searching aja di google atau klik saja disini untuk mengetahui beberapa sumpah serapah dan cacian kepada MNC.

Apalagi saat komentataor MNC TV secara berulang-ulang mengatakan bahwa MNC TV merupakan official media partner Thomas dan Uber Cup 2012. Emosi seorang kawan pun langsung membludak seraya mengeluarkan cacian tanpa arah.
Sungguh, tulisan ini bukanlah untuk menyudutkan pihak MNC. Bahkan, saya ‘berterima kasih’, lantaran hal inilah yang memotivasi saya untuk belajar dan belajar tentang dunia pertelevisian dan persatelitan.

Dengan bekal ilmu yang saya miliki (walaupun masih setitik), hasil belajar di sebuah forum yang sangat saya cintai sampai saat ini, menonton Piala Dunia, English Premier League (EPL), Lega Calcio, termasuk Piala Sudirman kemarin bukanlah hal yang menyulitkan.

Satu contoh, sebuah satelit yang menayangkan semua pertandingan EPL atau Liga Inggris. Artinya, kalau ada 8 partai yang bertanding secara serentak, stasiun televisi ini akan menayangkan semuanya. Tinggal kita, memilih mau nonton yang mana. Kelebihan lainnya, Liga Inggris di channel ini lebih cepat 5-10 detik dibandingkan Indovision-nya MNC yang bergantung kepada ESS. Ditambah lagi, disatelit ini lengkap dengan program World Wrestling Entertainment (WWE)-nya, salah satu acara kesukaan saja. :)

[caption id="attachment_435" align="alignright" width="300" caption="Channel Feed yang menayangkan Piala Sudirman 2011 secara lengkap."][/caption]

Sementara, saat Piala Sudirman lalau digelar, saya menonton lewat channel Feed, saluran mentah langsung dari Qingdao yang tanpa iklan, bebas komentator dan sms-sms yang mengganggu pandangan. Gambarnya juga lebih tajam dan cling dengan kualitas High Definition (HD).

[caption id="attachment_433" align="alignleft" width="300" caption="MNC TV yang diacak pun bisa dibuka dengan receiver dan kode khusus. Jangan bilang-bilang yahh.. :)"][/caption]

Sebagai penutup, saya akan lampirkan satu gambar yang menunjukkan bahwa meskipun channel MNC TV diacak saat Piala Sudirman lalu, ternyata masih bisa dibuka. Tapi, bukan dengan DSR biasa dan memerlukan kode rahasia tentunya. Nggak percaya? Nih buktinya……….





ABDULLAH LATHIF MANJORANG

@adhifmj

22 comments:

  1. mana ada nasionalis la tiap hari aja film yang diputar upin dan ipin... klo cuma olahraga ya itu bagian dari mencari uang... ga punya nasionalis MNC GROUP itu

    ReplyDelete
  2. [HANYA KOMENTAR CURHAT DARI SEORANG PENGEMBARA]
    Alhamdulillah...
    Pasukan iblis sukses menyesatkan masyarakat, Gembong FreeMason Yahudi dan anteknya berhasil menjajah lahir bathin negeri ini, krisis Inflasi harga kebutuhan pokok meningkat, Penyakit hubungan kelamin merajalela, Korupsi jamaah pejabat menanjak, Jual beli jabatan pemilu berlanjut, Pengurasan sumber daya alam berjalan, Kebodohan berbasis kemiskinan bertambah, dan masih banyak lagi yang semua itu berujung pada pemurtadan rakyat banyak.
    Alhamdulillah...
    Sekarang kita dapat melihat dengan jelas kebobrokan sistem sekular jahiliyah yang selama ini telah kita terapkan dan kita tuhankan, karena kita telah membuang jauh-jauh sistem Islam kaffah ciptaan "Sang Maha Pencipta Sistem" dari kehidupan kita.
    Alhamdulillah...
    Sekarang kita dapat membuktikan kebenaran sabda Nabi Muhammad berikut ini:
    Dari Abdullah bin Umar dia berkata,
    “Rasulullah SAW menghadapkan wajah ke kami dan bersabda:
    “Wahai golongan Muhajirin, lima perkara apabila kalian mendapat cobaan dengannya, dan aku berlindung kepada Allah semoga kalian tidak mengalaminya;
    1. Tidaklah kekejian menyebar di suatu kaum, kemudian mereka melakukannya dengan terang-terangan kecuali akan tersebar di tengah mereka penyakit Tha’un dan penyakit-penyakit yang belum pernah terjadi terhadap para pendahulu mereka.
    2. Tidaklah mereka mengurangi timbangan dan takaran kecuali mereka akan disiksa dengan kemarau berkepanjangan dan penguasa yang zhalim.
    3. Tidaklah mereka enggan membayar zakat harta-harta mereka kecuali langit akan berhenti meneteskan air untuk mereka, kalau bukan karena hewan-hewan ternak niscaya mereka tidak akan diberi hujan.
    4. Tidaklah mereka melanggar janji Allah dan Rasul-Nya kecuali Allah akan kuasakan atas mereka musuh dari luar mereka dan menguasainya.
    5. Dan tidaklah pemimpin-pemimpin mereka enggan menjalankan hukum-hukum Allah dan tidak menganggap lebih baik apa yang diturunkan Allah, kecuali Allah akan menjadikan saling memerangi di antara mereka.”"
    (HR Ibnu Majah nomor 4009, lafal baginya, dan riwayat Al-Bazar dan Al-Baihaqi, shahih lighoirihi menurut Syaikh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib wat-Tarhib hadits nomor 1761).
    Sekarang manakah diantaranya yang belum terjadi? Masih belum cukup?
    Alhamdulillah...
    Selama generasi kita tidak memurikan tauhid dan tidak menerapkan sistem Islam kaffah (dalam khilafah), maka insyaAllah generasi penerus kita juga dapat langsung membuktikannya juga.
    Alhamdulillah...
    ________________
    "Mengapa Allah akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman? Dan Allah adalah Maha Mensyukuri lagi Maha Mengetahui." (Q.S. 4:147)
    "Allah-lah yang menjadikan malam untuk kamu supaya kamu beristirahat padanya dan menjadikan siang terang benderang. Sesungguhnya Allah benar-benar mempunyai karunia yang dilimpahkan atas manusia, akan tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur." (Q.S. 40:61)

    ReplyDelete
  3. Rizqi Arie HarnokoJuly 4, 2011 at 5:40 PM

    Ini bukan karena tidak punya rasa nasionalisme, tapi karena MNC GROUP harus mematuhi klausul kontrak yg telah disepakati bersama BWF

    ReplyDelete
  4. Caranya dong biar bisa dibuka tolong dikasih tau saya, mau nonton BPL nih ...
    rahasia dijamin deh pokoknya hahahaha
    email : giez@medanhackers.org

    ReplyDelete
  5. [...] Hal seperti ini sebenarnya sudah biasa bagi saya. Pasalnya, saat Liga Inggris dan setiap Piala Dunia berlangsung, stasiun televisi bersangkutan mengacak siarannya , termasuk MNCTV saat menayangkan Piala Sudirman, Mei lalu [Baca : Dimana Nasionalismemu MNCTV?]. [...]

    ReplyDelete
  6. Saya tertarik dengan bahasan di atas yang begitu detail,dan mengena pada sasaran setelah membacanya. Dan saya berharap untuk bisanya memberikan frew serta simbol rate nya atau satelit yang menyiarkan liga inggris yang kami sesalkan tv lokal seperti MNC dan Global yang selaku diacak. Karena satu-satunya ant parabola yang dapat menangkap siaran tv di Kampak Trenggalek jatim. Atas perhatianya saya ucapkan banyak terimakasih...saya tunggu balasanya..

    ReplyDelete
  7. mantaffff bahasanya,,, gan tolong dong kirimkan cara utak atik nonton BPL di parabola tanpa di lacak...... thank pisan...

    ReplyDelete
  8. gan, bagi2 dong kodenya... :)
    tanks..
    rudy.suryadi20@gmail.com

    ReplyDelete
  9. Mn crany spya MNC tv bisa mnanyngkn liga Inggris

    ReplyDelete
  10. Gan minta infonya donk buat cara buka siaran epl biar bs tayang d global sma mnc.soalnya sngt menjengkelkan klo tiap mw nnton epl suka lngsng ngblenk.

    ReplyDelete
  11. minta donk gan kodenya.. ane btuh bgt nh. bt prkmbgn dunia sepakbola indo..

    ReplyDelete
  12. [...] Apalagi CEO MNC Group, Hary Tanoesoedibjo sudah terjun ke dunia politik. Kalau begini ceritanya, bagaimana bisa mencuri hati rakyat Indonesia? Sekedar mengingatkan aja, lebih dari 60 % rakyat Indonesia masih menonton televisi lewat satelit lho. Bukan sekali dua kali kami dikecewakan stasiun televisi anda ini, sampai-sampai bulutangkis pun diacak. [Baca: Dimana Nasionalisme-mu Wahai MNC..?] [...]

    ReplyDelete
  13. seharus mereka mengerti isi hati rakyat nya ini, jangan mentang punya hak siar secara deforma langsung di off kan siaran live nya . yang nampak hitam mulu di layar kaca masyarakat yg mengunakan via stelit ini. gak ada perobahan mnc grup ini, bareng kali otak nya duit aja , gimana mau maju olah raga di tanah air kalu di contoh kan harus off free to air langsung ke pay tv nya . wah lama2 abis siaran republik ini yg berlogi seperti ini yg timbul di depan layar kaca anda
    $ mnctv dan adek nya yg ber naung di mnc grup asli bejat dan kurang bermasyarakat tentu nya. harus kah kita bayar kalu mau nonton bola atau olah raga lain?> ini bukti dasyat nya mnc grup ini. kami juga tidak bisa mendukung mu wahi mnc grup. kami masyarajat kecil yg bisa berharap kepada siran lokal via satelit. tolong lah di on free to air jangan do off kan free to air nya menjadi sarang para setan2 di pay tv. cukup kecewa saya dan masyarakat lain nya. anjing biadap kau mnc grup uang rakyat kau peras untuk helat akbar pesta olah raga dunia.

    ReplyDelete
  14. putra satelit sape lantaAugust 10, 2013 at 2:00 AM

    saya snang sekali membca tentang cacimakix terhadap mnc tv yg gk px rasakemanusiaan. adndai saja saya berada dekat dgn pt mnc tv saya akan pastikan memutihkan wajah direktur pt mnc tv dgn air ludah walaupun sy ditembak mati dm kemajuan negara dan tanah air indonesia untuk kulit bundarx yg selama ini yg gk perna megang gelar diajang asia cap.

    ReplyDelete
  15. putra satelit sape lantaAugust 10, 2013 at 2:25 AM

    sekarang musim liga kami hxrakyt gkmampu km hx bs mennton dlm berita hasil pertandingan tiap pertangan kapan dan pd thn yg keberapa pihak mnctv baru memberikan tontonan gratis pd sluruh rakyat indonesia.kenapa negara2luar bisa memberikn tontonan gratis pd rakyatx apa bedax negara luar dgn indonesia.kalau begini terus akhir2x nanti indnesia akan berceraiberai putrasatelit sape lanta kecewa jadi orang indonesia karna liga inggris gk bisa nonton secara gratis.

    ReplyDelete
  16. Untk ce0 mnc mundur aja jd capres .rakyat mau n0nt0n isl ja hrus byar.jd pmimpin pun d 0tk cma ada kapitalisme.

    ReplyDelete
  17. Gimana mau maju negara ini menayangkan liga inggris aja gak mampu,..hapus aja seluruh chanel di indonesia daripada bpl g ditayangkan,..ngenes urip tok indonesia.

    ReplyDelete
  18. Aku sedih jadi orang indonesia jika BPL aja g bsa dtygkan,,miskin banget negara ini ya Allah memberi tntonan BPL gratis aja gak mampu,,.

    ReplyDelete
  19. Anggota kami pecinta B.P.L brjumlah lbih dari 3000 orang,.jika B.p.l gak dtyangkan kmi g akn ikt pemilu,golput aja????kmi gak cuma ngm0ng doang..,

    ReplyDelete
  20. Begitu tersiksa aku di negara ini,.jika bpl g dtygkan,,buat seluruh pecinta b.p.l di indonesia golput aja dalam pemilu,,itu hak kita,,.ok.

    ReplyDelete
  21. susah klo Otak sudah tolol...! tontonan Aja mesti Bayar..qt dukung presiden yg bisa nayangin liga champion.selain itu jgn.

    ReplyDelete

Silahkan memberikan komentar secara sopan dan beretika.

Powered by Blogger.