Header Ads

Breaking News
recent

Perubahan Hak Siar Sepakbola Eropa dan Prediksi FTA

[caption id="attachment_705" align="alignleft" width="300"] Tim media saat check sound di Piala Eropa 2012. (Dok. @pippoadhif)[/caption]

Pertengahan tahun memang sepi dari kompetisi liga-liga sepakbola, khususnya dari benua biru. Selain tentunya even khusus seperti Piala Dunia, Piala Eropa yang baru saja tuntas serta beberapa turnamen yang memang digelar setiap empat tahunan.


Dimasa-masa seperti sekarang yang tak kalah hangat adalah membahas pemegang hak siar kompetisi sepakbola besar di dunia, seperti Liga Italia, Liga Inggris, Liga Champions dan lainnya di stasiun televisi lokal. Termasuk membahas apakah tayangan tersebut ditayangkan secara Free To Air (FTA) atau di-scramble bagi pengguna parabola.


Berikut pemegang hak siar yang sepakbola eropa untuk musim depan dan beberapa turnamen akbar yang saya rangkum dari berbagai sumber termasuk prediksi apakah FTA/scramble di #TVSatelit.




[caption id="attachment_712" align="alignright" width="300"] Serie A untuk tahun emas TVRI. (Dok. TVRI)[/caption]

1. Liga Italia (Serie A)


Setelah musim lalu sempat ditayangkan Indosiar, untuk dua musim kedepan, TVRI, stasiun televisi milik pemerintah, resmi memegang hak siar kompetisi yang yang baru saja digemparkan kasus scommessopoli ini. TVRI berniat memberikan perubahan menjadi stasiun televisi yang lebih elegan dalam ulang tahun emasnya. Tak tanggung-tanggung, TVRI akan menayangkan lima pertandingan secara live dan lima partai tunda. Selain Liga Italia, TVRI juga sudah mendapatkan hak siar Olimpiade London 2012


Isu yang berkembang, TelkomVision disebut-sebut memegang hak siar Serie A untuk kategori tv berbayar.


Prediksi: FTA 80 % - 20 % Scramble




[caption id="attachment_706" align="alignleft" width="250"] MNC Group. (wikipedia)[/caption]

2. Liga Inggris (Barclays Premier League)


Tidak berbeda dengan dua musim sebelumnya, MNC Group, melalui Global TV dan MNCTV masih memegang hak siar Liga Inggris untuk musim kedepan. Seperti diketahui, lisensi BPL telah dibeli oleh PT Media Nusantara Citra (MNC) dari ESPN Star Sports (ESS)dengan nilai US$ 20 juta selama 3 tahun sejak 2010/11 lalu.


Untuk kategori televisi berbayar juga masih dipegang anak perusahaan MNC Group, Indovisions, TOP TV dan OkeVisions.


Prediksi: FTA 1 % - 99 % Scramble




[caption id="attachment_718" align="alignright" width="300"] TransCorporation. (wikipedia)[/caption]

3. Liga Spanyol (La Liga)


TransCorp, yang membawahi dua media Trans TV dan Trans 7, resmi memegang lisensi hak siar Liga Spanyol di Indonesia. Tentu saja ini mengakhiri simpang siur berita kepemilikan hak siar La Liga yang sebelumnya ramai disebut dimiliki RCTI. Sebelumnya, Trans Corp memang berupaya keras mendapatkan hak siar sepakbola asal negeri Matador ini. Dalam menayangkan pertandingan nanti, Trans TV dan Trans 7 akan saling berbagi. Rencananya, launching akan digelar Agustus mendatang.


Prediksi: FTA 20 % - 80 % Scramble




[caption id="attachment_709" align="alignleft" width="220"] EMTEK Group. (Wikipedia)[/caption]

4. Liga Champions & Liga Europa (UEFA)


Bertahun-tahun dimiliki MNC Group, hak siar turnamen bergengsi di Eropa ini resmi dimiliki PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK) Grup yang menaungi SCTV, Indosiar dan tv berbayar teresterial NexMedia, untuk tiga musim kedepan.


Situs wowkeren.com menyebutkan sistem penyiarannya disesuaikan per musim yakni periode 2012-2013, 2013-2014 dan 2014-2015. Untuk Liga Champions, disiarkan dua partai langsung dan juga delapan partai tunda per matchweek pada babak penyisihan hingga perempat final.


Saat Liga Eropa, SCTV akan menayangkan dua partai langsung dan dua partai tunda pada babak penyisihan. Tak hanya pertandingan, dihadirkan pula jadwal laga, informasi sebelum dan sesudah pertandingan serta tayangan menarik lainnya.


Sementara, Indosiar menayangkan sedikitnya dua pertandingan tunda per pekan.   Untuk kategori tv berbayar, hak siar kedua turnamen ini dipegang NexMedia.


Prediksi: FTA 50 % - 50 % Scramble




[caption id="attachment_707" align="alignright" width="200"] Indosiar resmi siarkan Bundes Liga. (wikipedia)[/caption]

5. Liga Jerman (Bundes Liga)


Lebih tujuh tahun absen dari tv lokal, kini Bundes Liga bisa disaksikan lagi. Setelah Serie A direbut TVRI, Indosiar beralih ke Liga Jerman. Stasiun televisi yang bernaung dibawah Emtek Group ini memegang hak siar selama satu musim.


Pertandingan yang disiarkan adalah semua tim dengan opsi menayangkan tim-tim besar pada setiap akhir pekan. Ada dua partai live untuk setiap akhir pekan. Laga perdana, Indosiar akan menayangkan Piala Super Jerman antara Borussia Dortmund kontra Bayern München, Senin (13/08) Pukul 01:00 WIB.


Prediksi: FTA 20 % - 80 % Scramble




[caption id="attachment_713" align="alignleft" width="300"] antv dan tvOne resmi tayangkan Piala Dunia 2012. (vivanews)[/caption]

6. Piala Dunia 2014 (2014 FIFA World Cup Brazil)


Masyarakat tidak perlu khawatir lagi untuk bisa menyaksikan Piala Dunia 2014. Bakrie Group sudah membeli hak siar turnamen akbar sejagat tersebut senilai USD 61,54 juta atau Rp. 577,983 miliar (kurs Rp. 9.393/USD).


tvOne dan antv pun resmi menjadi saluran televisi yang akan menyiarkan turnamen empat tahunan yang akan digelar di Brazil tersebut. Pertanyaannya, apakah tvOne dan antv akan mempertahankan eksistensinya sebagai televisi swasta yang tidak pernah mengacak program unggulannya lewat #TVSatelit? Patut ditunggu.


Untuk kategori tv berbayar, mereka dikabarkan tengah mencari pay tv yang bersedia menjalin kerjasama. Prediksi saya, ini akan erat kaitannya dengan SportOne, salah satu channel berbayar yang rencananya akan diluncurkan akhir tahun 2012.


Prediksi: FTA 50 % - 50 % Scramble


7. Piala Eropa 2016 (UEFA EURO 2016)


Masih sama dengan Piala Eropa yang baru saja tuntas di Polandia-Ukraina, hak siar turnamen empat tahunan ini masih dipegang oleh MNC Group. Mereka memboyong kontrak kompetisi yang akan digelar di Perancis ini bersamaan dengan Piala Eropa 2012. Sekedar informasi, Piala Eropa 2014 akan menyajikan lebih banyak pertandingan karena jumlah peserta yang sebelumnya 16, akan ditambah menjadi 24 negara.


Prediksi: FTA 1 % - 99 % Scramble


8. Sementara, untuk Liga Champions Asia dan AFC Cup masih dimiliki MNC group hingga 2016 mendatang. Perusahaan media milik Hary Tanoesoedibjo ini juga masih memegang hak Siar AFF Cup hingga 2020.


Prediksi: FTA 95 % - 5 % Scramble


ABDULLAH LATHIF MANJORANG


Follow me on Twitter : @pippoadhif


Me on GooglePlus : gplus.to/adhif

40 comments:

  1. hidup bakrie and tvri

    ReplyDelete
  2. . top markotop... rakyat indonesia butuh nonton liga top di eropa......... jossssss pokokelah...

    ReplyDelete
  3. sayang, semakin banyak pertandingan di liga eropa tidak bisa ditonton

    ReplyDelete
  4. bakri /tvri semoga memang benar benar untuk rakyat.

    ReplyDelete
  5. AKHIRNYA...............La Liga Full Scramble di Trans TV dan Trans 7, tolong bagi infonya kalau ada TV luar yang tidak diACAK....!!!!!!!

    ReplyDelete
  6. gimana..... caranya bisa nonton la liga kalo pake parabola.......??????

    ReplyDelete
  7. Klo pake reciver MPEG4 bisa di HTV 9 (Sat: Vinasat 1), klo aq pake Rx MPEG2 jadi gak bisa nonton......

    ReplyDelete
  8. Buat Tulisan tentang Liga2 Eropa mas Bro

    ReplyDelete
  9. kapan bisa maju indonesia kalo begini........ bola aja pelit. Salut buat bakrie dan TVRI. peduli rakyat terpencil.

    ReplyDelete
  10. untuk TVONE Tolong tahun depan bisa d ambil alih lg hak siar liga spanyol...saya rasa hanya TvONE Yg mengerti rakyat kecil indonesia.

    ReplyDelete
  11. bakri sy dukng deh anda jd presiden...

    ReplyDelete
  12. menikmati sepak bola memang enak

    ReplyDelete
  13. ga heran ma indo. Mau liat acra bola dunia aja d susah2in. . .bayar lah d acak lah.aneh.
    Gmana gnrasi2 muda qta mau maju lo mau lht bola aja d sush2in,,, mndng indo gk usah ada pmain b0la aja.suruh jadi artis sinetron aja..

    ReplyDelete
  14. Sctv/trans/indosiar/ dll (discramble)tu mafiax bola,lo beli hak tayangx n tonton sendiri dah ma kluarga x,hdp bakrie jaya selalu tv one

    ReplyDelete
  15. Salam kenal dari Jawa bang.. nyambung mention saya kemarin via Twitter :
    1. Untuk Receiver yg support manual biss key apakah Matrix ProLink HD+Ethernet bs dijadikan alternatif utk FTA khususnya La Liga 2012/2013.
    2. Produk lain yang support manual biss key tapi dengan range harga Matrix ProLink HD+Ethernet.

    Makasih untuk respon & jawabannya, SALAM ( @adieliong )

    ReplyDelete
  16. sumpah gue kecewa abis dengan transcorp (trans 7 sama trans tv) sok-sok nyiarin Laliga buat masyarakat indonesia tapi pada kenyataanya diacak, dari awal sih gue dah nyangka bakal kaya gini makanya gua berharap tetap TVONE yang nyiarin karna mereka benar-benar membeli penuh dan menyajikannya buat masyarakat indonesia bukan buat orang yang punya duit doang, Chairul Tanjung cari untung doang gak kaya Aburijal Bakrie (semoga mereka mendengar tapi kalo gak sanggup membahagiakan masyarakat indonesia semoga TVONE mengambil alih kembali.

    ReplyDelete
  17. Kami punya usul, alangkah baiknya siaran tunda tidak ditutup. hingga kami bisa menikmati tontonan bola yang diacak. Baik RCTI, Trans, TVRI maupun SCTV.

    ReplyDelete
  18. Mohon biss key trans7 Bos . . . .

    ReplyDelete
  19. Siapa bilang Chairul tanjung anak Singkong..Dia aja kali yang mengaku..buktinya siaran La Liga Aja di acak nya oleh Stasiun TV yg dimilikinya..Payah .....kelaut ajalah

    ReplyDelete
  20. Sy jg dukng bakri jd presiden. Cuma dia yg bs hibur rakyat.

    ReplyDelete
  21. Minta alternatif nya dong ,utk nonton siaran liga inggris??? 2012-2013

    ReplyDelete
  22. payah nonton bola klo cm hrp recived biasa, masa tvri yg dikbrkan liga italia ga di acak tau2nya skrg mlh diacak,. tlng dong bahagiakanlah sdkit masyarakat indonesia khususnya penggemar bola didesa2 atau yg cm pake recived biasa spy diberikan kepuasan untk bisa nonton siaran bola tanpa diacak. payah

    ReplyDelete
  23. Hanya Tv One yg bersahabat dg masyrakat,, hidup aburijal bakri..smoga tv one semakin berjaya..

    ReplyDelete
  24. dikasi sanksi z tuh PSSI olh FIFA,siaran bola z dipelitkn utk rakyat banyak/diacak..pantasan indo lahan korupsi uang jg korupsi siaran bola.

    ReplyDelete
  25. liga inggris bulan agustus 2012- 2013 tv berbayar mana yang nyiarin mohon info nya ...
    tengkiyu....

    ReplyDelete
  26. Hoby itu mahal. Hoby nonton bola,siap2 keluarkan uang yg lebih. Kepuasan itu didpkan dgn pengorbanan.
    Dan banyak jalan untk nonton bola. Semangat!

    ReplyDelete
  27. TV ONE MEMANG hebat bisa ngalahin smua siaran tv diindonesia,moga2 liga inggris tidak lagi di scrimbel di mnc tv ya walaupun digital/matrix garuda MPEG2

    ReplyDelete
  28. Aku mohon mas beritahu aku bagaimana caranya kita agar liga inggris tdk discrimbel lagi didigital parabola matrix garuda mpeg2

    ReplyDelete
  29. Aku ingin sekali ntn liga inggris krna dari dulu aku blm mnontonnya gara gara discrimbel

    ReplyDelete
  30. mas bro, bs ga kirim aq no kode biss key PTV sport tuk tayang liga inggris 2012_2013... krim ke no ponsel aq: 085253177227

    ReplyDelete
  31. untuk thn 2013/2014 bpl di tayangkan di mana ?
    mohon informasikan yg selengkapnya...
    terima kasih...

    ReplyDelete
  32. prreett5tt5ttttk

    ReplyDelete
  33. Buat transtv dan trans7 ga pantas lah nyiarin liga spanyol,karna rakyat kecil yang pake parabola ga bisa menyaksikan siaran langsung liga spanyol..bagus di tvone ga rakyat kecil bisa menikmati siaran langsung liga spanyol..mudah2han taun depan bisa diambil alih lagi sma tvone..tvone saluran tv yang paling top bangeet,

    ReplyDelete
  34. bgus tvone ja yg siargan lga n piala dunia .di selurus dunia biar asik tk di lc4k gtu sh.

    ReplyDelete
  35. takkebagiannontonbolaAugust 13, 2013 at 5:15 AM

    yang punya stasiun tv pada nyapres & cawapres , mereka ngomong semua untuk kesejahtraan , kebahagian, keadilan untuk rakyat / bagi kami yg di daerah semua itu bohong.......

    ReplyDelete
  36. Bang resiver apa aja yang bisa menayangkan liga liga sepak bola eropa

    ReplyDelete
  37. coba ya sepak bola eropa selalu fta

    ReplyDelete

Silahkan memberikan komentar secara sopan dan beretika.

Powered by Blogger.