Header Ads

Breaking News
recent

Ketika antv dan tvOne diacak......

[caption id="attachment_847" align="alignleft" width="384"]tvOne saat menayangkan Piala Konfederasi. (rokip) tvOne saat menayangkan Piala Konfederasi. (rokip)[/caption]

Masih segar diingatan saat tvOne masih memegang hak siar La Liga. Ya.. tvOne tercatat tidak pernah sekalipun mengacak tayangannya. Ketika itu tvOne dan antv menjadi pelepas dahaga penikmat sepakbola karena menjadi satu-satunya stasiun televisi yang tidak pernah men-scramble tayangannya, khususnya saat menayangkan program olahraga sepakbola.


tvOne menayangkan Liga Spanyol, sementara antv menyiarkan Indonesia Super League (ISL). Keduanya juga saling berbagi menayangkan beberapa turnamen sepakbola Eropa dan beberapa friendly match. Praktis, kedua stasiun tv ini banjir pujian dari penikmat TV satelit.


Pemiliknya dinilai memiliki nasionalisme yang tinggi dan kerapkali dibandingkan dengan stasiun televisi lainnya, seperti Global TV dan MNCTV yang mengacak tayangan Liga Inggris-nya, Indosiar saat pegang hak siar Liga Italia atau saat RCTI mengacak Piala Dunia, Piala Eropa dan Final Liga Champions 2011/2012.




[caption id="attachment_848" align="alignright" width="384"]Selain tvOne, antv juga acak Piala Konfederasi. (rokip) Selain tvOne, antv juga acak Piala Konfederasi. (rokip)[/caption]

Televisi yang bernanung dibawah PT Visi Media Asia Tbk ini banjir pujian, semakin dicintai kalangan penikmat televisi satelit sampai akhirnya terhubung ke kancah politik. Meski, tidak semuanya, ada beberapa orang yang memuji sosok Abu Rizal Bakrie.


Hal ini juga yang mendorong penikmat televisi satelit mengharapkan hak siar Piala Dunia dipegang tvOne dan antv. Asa yang tersimpan tentu saja biar kompetisi sepakbola terakbar itu bisa disaksikan secara Free To Air (FTA).


Dan.. Doa itu pun menjadi kenyataan. PT Bakrie Capital Indonesia yang meneruskan ke antv dan tvOne sudah mengantongi hak siar hajatan sepak bola terbesar sejagat itu. Banyak pertanyaan diluncurkan ke akun twitter Pemimpin Redaksi tvOne @KarniIlyas dan @ArdiBakrie, apakah turnamen akbar itu akan ditayangkan FTA atau tidak.


Jawabannya sama dan sangat memuaskan. Keduanya yakin antv dan tvOne tidak akan mengacak tayangan Piala Dunia 2014. Saya sempat mengonfirmasi masalah regulasi hak siar dimana akan merugikan negara lain. Namun, Karni Ilyas secara yakin bahwa Piala Dunia 2014 akan ditayangkan secara FTA.




[caption id="attachment_849" align="alignleft" width="344"]isi twit CEO tvOne, Karni Ilyas. (dok. adhifpress) isi twit CEO tvOne, Karni Ilyas. (dok. adhifpress)[/caption]

Harapan sepertinya tinggal sebuah harapan. Berawal dari bulan lalu, tayangan ISL di antv dan tvOne pun mulai diacak. Hanya bisa disaksikan melalui salah satu decoder produk salah satu perusahaan yang kerapkali melakukan kerjasama dengan stasiun TV lokal dalam menyiarkan sepakbola bergengsi, seperti ketika RCTI menayangkan Piala Dunia 2006 dan 2010.


Protes mulai berdatangan, kecewa bercampur makian mulai berserakan, dijejaring sosial sampai merambah ke forum-forum. Endingnya, layaknya pahlawan, sosok Abu Rizal Bakrie datang dan mengisyaratkan agar tayangan ISL di antv dan tvOne kembali di-FTA-kan. Suasana mulai terkendali lagi.


Ternyata tidak berhenti sampai disitu. Ketika, Piala Konfederasi mulai digelar, antv dan tvOne lagi-lagi mengacaknya. Sontak saja suasana kembali memanas. Hujatan pun kembali bermunculan. Pujian yang dulu kerapkali dilayangkan ke kedua stasiun TV ini hilang seketika. Semuanya berubah menjadi cacian.


Pertanyaannya, bagaimana nasib Piala Dunia 2014 nanti? Nah, saya sedari awal sudah pesimis. Menyiarkan Piala Dunia secara FTA bukan hal mudah. Ada beberapa pertimbangan, mulai materi sampai regulasi. Apalagi bila belajar kepada televisi besar seperti CCTV yang sudah tidak lagi menayangkan even besar sepakbola lantaran tidak boleh lagi menyiarkan secara FTA via satelit. Piala Eropa 2012 lalu di stasiun TV China ini pun terhenti sampai babak penyisihan saja.


Bagaimana Piala Dunia 2014 di tvOne dan antv? Menarik untuk ditunggu.


ABDULLAH LATHIF MANJORANG


Follow me on Twitter : @pippoadhif


Me on GooglePlus : gplus.to/adhif

20 comments:

  1. tv one and antv tidak layak untuk kita lihat,,tv trsebut tv ARB yg akan jadi capres,,jgn pilih ARB,krn pmbohong,dan pengumbar janji..*****g l0..kenapa di acak..

    ReplyDelete
  2. tv one dan an tv serta jajaran direksinya b***, a*****.....Arb t***........k** a****......

    ReplyDelete
  3. Pasti nya piala dunia di ANTV & TVONE ini di acak apa gak, klw memang ada parabola khusus yg menyiarkan, parabola apa itu?????
    Sebelum piala dunia di mulai biar bisa di beli parabola nya, trims,,,

    ReplyDelete
  4. masarakat indonesia memerlukan pemimpin yang memiliki nasionalisme yg tnggi..kasian masyrakt kecil d daerh trpencil.. Tidk pnts jd pemimpn

    ReplyDelete
  5. Saya akan memilih ARB jd presiden jika piala dunia tdk di acak

    ReplyDelete
  6. Di gital orange tv apa nayangin piala dunia

    ReplyDelete
  7. saya akan pilih ARB jika piala dunia yg di tanyangkan TVOne dan ANTV tidak di acak
    pilih no 5 ARB presidennya
    hidup ARB

    ReplyDelete
  8. Yg psti nya jgan pilih yg menclonpresiden yg mempunyai stasiun mnc krnah tidak memiliki jiwa sosial..kmisbgai rakyat kcil ug igin nonton bola isl pa lagi itu sepak bola lokal,,,lbih baik di ksih sma antv aj/tv one mnc ngak punya hati...mudah"n aj tv ne ngak akan maju??

    ReplyDelete
  9. Yg psti nya jgan pilih yg menclonpresiden yg mempunyai stasiun mnc krnah tidak memiliki jiwa sosial..kmisbgai rakyat kcil ug igin nonton bola isl pa lagi itu sepak bola lokal,,,lbih baik di ksih sma antv aj/tv one mnc ngak punya hati...mudah"n aj tv ne ngak akan maju??

    Nofri van hauten

    ReplyDelete
  10. Kalo seandainya piala dunia di acak, itu artinya ARB orang yang tidak nasionalis, buat apa kita memilih pemimpin orang yang tidak nasionalis.

    ReplyDelete
  11. Tidak. Kalo ya itu hanya promo boong

    ReplyDelete
  12. apakah untuk piala dunia ini akan di siarkan seluruh pertandingan di antv dan tvone?

    ReplyDelete
  13. Ini kapitalis bung.. Ente mau apa? Ente brani bayar brapa?bangun dr mimpi...

    ReplyDelete
  14. permisi gan.. mau kasih referensi nih buat agan agan sekalian ..
    ane mau kasih penawaran pay tv terbaru .. bisa langsung cek n ricek kemari gan :)

    ReplyDelete
  15. hahaha.... tak dan tak lain emang dasar viva + plus itu penyebab kegagalan tvone and antv menutup siaran world cup yang di nanti pencinta nya di pedalam kampung. yah bagai mana pun kita nonton harus bayar juga, ini nama nya pembodohan masyarakata , kan tidak banya transmisi tv di daerah perdalaman pula , yang minim tv kota yang ada seperti TVRI,RCTI,INDOSIAR. itu pun gambar pudar banyak semut nya. kata nya kemarin tu bisa menik mati pila dunia yang berkelas dunia sepak bola terkini. mau di antena analog bisa dan di parabola satelit tidak berbayar bisa menyaksikan live pertandinga2 menarik. nah sekarang ama blank kan warna tv nya yang muncul encrypth program. aduh..... kok bisa , berarti mengingkarin jajinya sebagai pemegang hak siar world cup, saya menyesal kan seperti ini. udah di tutup aja sairan loka indonesia melaui satelit palapa d dan telkom 1 nya . percuma kita harus bayar juga mana lagi mahal sampai Rp:1,500,000,- harga pembuka nya. bagai mana mau maju sports di tanah air ini.

    ReplyDelete
  16. Seluruh pertandingan ada di tv one

    ReplyDelete
  17. Harapan nonton word cup d parabola biasa hanya mimpi. Bagi rakyat jelata kyak kita2 tinggal gigit jari

    ReplyDelete
  18. Knp kok waktux liat film johda akbar AN tv kok di lacak. Di da erah jember kalisat

    ReplyDelete
  19. Tv parabola gue li lacak. Saat film maha barata sudah mulai. Kurang ajar banget orang melacak parabola gue jdx aq ga bs nonton filmx

    ReplyDelete
  20. Kl ada yg tau freqquensix saat di lacak kirimin aq dong lewat ввм gue infit ya 22b22625

    ReplyDelete

Silahkan memberikan komentar secara sopan dan beretika.

Powered by Blogger.